Rabu, 09 Februari 2011

Jadilah Dermawan Darah

Informasi ini saya dapat ketika Donor ke- 2 di PMI Kota Madiun 9 Februari 2011



Donor Darah , mungkin untuk sebagian orang masih takut untuk mendonorkan darahnya ke PMI padahal jika saja mereka tahu betapa besar manfaat yang dapat diambil ketika donor darah. Nah.. Disini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang manfaat donor darah, pengolahan darah hingga penyaluran darah ke pasien . Pertama tentang manfaat yang bisa kita dapatkan ketika donor darah sebagai berikut :
1. Kita dapat terhindar dari penyakit Stroke yang bisa terjadi kepada siapa saja baik pria maupun wanita.
2. Tidak akan terjadi penumpukan sel sel darah merah di dalam tubuh.
3. Dapat meregenerasi sel sel baru di dalam tubuh kita
4. Peningkatan Daya tahan tubuh
5. Badan akan terasa ringan dan Segar
Ketika darah kita telah masuk ke PMI maka PMI akan mengidentifikasi darah kita baik golongan darah hingga penyakit penyakit yang berbahaya seperti Hepatitis B, Hepatitis C, HIV , dan Sifilis. Setelah darah Dinetralisir dari penyakit penyakit tersebut darah dibedakan menjadi beberapa komponen yaitu plasma darah , eritrosit, trombosit dan sel sel. Setelah itu komponen komponen darah kita disimpan .
• Untuk Eritrosit disimpan di suhu 4°Celsius dan tahan selama 1 bulan
• Untuk Trombosit hanya bisa bertahan 3 – 5 hari saja, jika tidak ada yang memerlukan maka terpaksa trombosit itu di buang.

Setelah darah siap disalurkan , ternyata ketika akan memasukkan ke tubuh pasien juga perlu di tes kecocokannya dengan darah tersebut karena selain golongan darah A/B/AB/O Atau Rhesus +/- juga masih ada penggolongan darah yg lebih rumit lagi.
Untuk saat ini, banyak masyarakat yang sudah menjadi mitra dengan PMI , PMI menerima kurang lebih 40 kantong darah yang berisi 350 mL per-kantongnya, yang paling di khawatirkan yaitu ketika bulan puasa kadang di PMI persediaanya juga menipis karena banyak orang yang takut lemas atau batal puasa karena mendonorkan darah . Sebenarnya hal itu tak usah di khawatirkan karena tidak pernah terdengar kabar , orang meninggal karena darah nya habis sebab di didonorkan maka teman teman jangan lupa Donorkan Darah kita ya..


Setetes Darah Anda merupakan Secercah Kehidupan bagi mereka yang memerlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar